Sabtu, 28 September 2013

Peran Teknologi Informasi



Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga kebuutuhan masnusia akan teknologi juga semakin banyak. Salah satu saat ini yang memanfaatkan teknologi informasi adalah perushaan.

Penggunaan IT dalam sebuah organisasi sangatlah penting, untuk menerapkan IT haruslah dilihat karakteristik organisasi tersebut. Apakah dengan IT mampu meningkatkan efisiensi sebuah perusahaan, sehingga dalam penerapan IT dibutuhkan orang yang handal yang dapat berjalan dengan baik. Peran teknologi informasi bagi sebuah perusahaan dapat kita lihat dengan menggunakan kategori yang diperkenalkan oleh G.R. Terry, ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:

1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.

2. Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
 
3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.

4. Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.


5. Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa peranan TI dalam suatu perusahaan besar, sedang maupun kecil, baik itu swasta, BUMN maupun pemerintahan, semuanya membutuhkan sistem TI yang dapat mengintegrasikan informasi sehingga dapat mendukung infrastruktur perusahaannya. Bank Ekonomi, Group Kalbe, FFI, dan Coty Inc. adalah beberapa perusahaan besar yang telah menerapkan aplikasi TI secara luas, hal ini dilakukan karena aplikasi yang terdahulu tidak dapat lagi menunjang system yang sedang berjalan. Meskipun ada hambatan-hambatan yang dihadapi saat implementasi ataupun dana yang terbilang sangat besar untuk implementasi TI hal tersebut tidak menghalangi perusahaan untuk tetap berjalan karena apa yang telah dikeluarkan seimbang dengan apa yang didapatkan, dalam hal ini proses impelemntasi sesuai dengan apa yang diharapkan.


 Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi internet telah merubah cara orang berkomunikasi.

Email, merupakan kunci utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan hanya mempunyai satu alamat email, kita dapat mengikuti berbagai model komunikasi yang ada di Internet. Beberapa model komunikasi itu, diantaranya :

1.                  Forum
2.                  Milis/Group
3.                  Situs jejaring sosial
4.                  Blog
5.                  Situs sharing file
6.                  E-learning menggunakan teleconference

            Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas.
Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
          Penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup system manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
            Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
            Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan.
            Sistem berbasis kartu cerdas (Smart Card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang data ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan computer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
            Boleh diakui masyarakat masa kini tidak bisa lepas dari internet. Internet bisa menguntungkan namun terkadang bisa juga merugikan. Empat puluh tahun sejak ditemukan internet terus berevolusi.
           
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI  PADA ASURANSI
            Kita telah melihat perkembangan teknologi informasi (TI) yang luar biasa selama beberapa dekade terakhir. Tapi sayangnya masih banyak usaha retail atau bahkan suatu perusahaan yang belum menerapkan teknologi informasi agar siap bersaing di masa yang akan datang.

            Secara umum istilah teknologi informasi lebih dikenal dengan istilah komputerisasi. Mulai dari input data, proses data, menyimpan data, dan mendistribusikan data. Yang semuanya itu dilakukan oleh komputer sehingga akan berjalan secara otomatis dan tidak dikerjakan lagi secara manual.

            Salah satu peranan teknologi informasi bagi perusahaan yang paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat. Penerapan teknologi informasi yang efektif akan mengurangi biaya yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan terlihat dalam alur bisnis yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.

            Teknologi Informasi dapat diterapkan pada semua jenis usaha dan telah menjadi kebutuhan dasar mulai dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar bahkan toko retail sekalipun. Jadi sudah saatnya setiap perusahaan menggunakan jasa pembuatan program untuk mulai menerapkan teknologi informasi dalam usaha mereka agar dapat bersaing dengan perusahaan lain.

            Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Dan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

          Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Asuransi merupakan metode untuk mengurangi risiko dengan cara memindahkan dan mengelompokkan ketidak pastian kerugian keuangan. Adapun hal penting untuk menjadikan bukti bahwa kita telah merujuk dengan perusahaan asuransi tersebut biasanya menggunakan polis asuransi. Sedangakan, polis adalah bukti tertulis atau surat perjanjian untuk pihak-pihak yang mengadakan perjanjian antara nasabah maupun lembaga asuransi.
         

          Penerapan sistem informasi berdasarkan komputer dapat  mempengaruhi struktur organisasi, motivasi dalam organisasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. maka dari itu penerapan sistem informasi dalam dunia asuransi bisa dikatakan penting.Tapi, tergantung pada manusia itu sendiri bagaimana mereka dapat memanajemen sistem sebaik mungkin sehingga informasi-informasi yang dibutuhkan dan diberikan bermanfaat sangat baik bagi orang-orang yang memerlukannya.

          Jadi penerapan sistem informasi ini berperan pada dunia asuransi seperti pada perusahaan asuransi cacat tubuh, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan lain-lain yang berguna untuk memanajemen sistem perusahaan tersebut.

Jadi secara garis besar, dapat dikatakan bahwa :
1.    Teknologi informasi menggantikan peran manusia, dalam hal ini teknologi informasi merupakan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2.    Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
3.    Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia, dalam hal ini teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

            Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan  komunikasi menuntun manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.

            Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendaknya harus dibatasi oleh aturan hukum Negara dan budaya bangsa Indonesia.

Kamis, 26 September 2013

Aku dan Cerita Ku



Di awal saya memasuki gerbang MAN 22 atau biasa di sebut dengan VingTdeuX, saya merasakan kekecewaan karna tidak bisa masuk SMA Negri Favorit dan juga paksaan dari orang tua untuk sekolah yang berbasis agama. karna sewaktu SMP saya sering terkena kasus.

Pada kelas satu sifat saya semakin menjadi - jadi, di kolom alfa rapot akhir tertulis angka 40 itu belum termasuk izin dan sakit, bisa di bayangkan cuman berapa hari saya datang ke sekolah untuk menuntut ilmu. waktu kelas satu di panggil guru BP sudah seperti bernafas karna saking sering nya, sekalinya hadir di sekolah saya manfaatkan untuk tidur di dalem kelas atau di musholah, bila ada guru yang membuat saya kesal saya lebih memilih kabur dari pada tetap di kelas.

Pada kelas dua dan tiga saya sedikit termotivasi karna kehadiran wanita di samping saya tetapi itu hanya dalam waktu yang singkat, karna apa? karna prinsip saya sendiri "Laki-laki adalah pemimpin tidak pantas di atur oleh seorang wanita" oleh karna itu saya menjadi diri sendiri lagi tidak di bawah kekangan seorang wanita.

Di saat pengumumpan kelulusan UN saya di kerjai oleh  seluruh guru di sekolah saya karna rata - rata nilai UN saya termasuk tinggi di jurusan IPS, nilai rata - rata saya adalah 8,6 dari 5 Mata Pelajaran yang di ujikan.

Perpisahaan akhir saya dengan teman - teman satu angkatan adalah pergi ke pulau tidung, di saat itu lah kami bersenang - senang karna sudah tidak ada beban UN yang terus membelenggu pikiran saya dari semenjak kanaikan ke kelas tiga. Di pulau tersebut kami bersenang di mulai dengan Snorkling, Menyaksikan Dokumenter, Bermain Banana Boat, Bermain Donut Air, Bersepedah, Melihat Sunset.

                 










Musim Dengan Sejuta Cerita #TerimakasihPersija


Tak terasa, ISL musim kompetisi 2012/2013 telah berakhir. Persija pun telah menyelesaikan laga ke 32 nya melawan Mitra Kukar, walau berakhir dengan kekalahan 2-0, dan menempati posisi ke 11 dalam klasemen. Begitu banyak cerita yang ditorehkan di musim ini. Baik itu cerita-cerita suka, duka, haru, maupun mengecewakan.
Tentu masih lekat dalam ingatan kita semua bagaimana Persija mengarungi musim ini dengan terpincang-pincang. Bagaimana kita semua dikejutkan oleh tidak dipanggilnya nama-nama sekelas Bambang Pamungkas, serta Andritany di putaran pertama yang tidak memperkuat Persija.
Bahkan saya masih ingat saat saya menangis terisak-isak pada 19/1 dini hari saat mengetahui kapten kebanggan kita semua tak lagi memperkuat Persija musim ini. Dan bagaimana kekalahan rasanya sudah sangat melekat di tubuh tim kebanggan Ibukota pada putaran pertama musim ini, sampai-sampai kata-kata #salamdegradasi dari “fans” tertunda begitu gencar diteriakan. Padahal, kita sama-sama tahu, Persija adalah tim yang meraih gelar juara terbanyak sejak zaman perserikatan, dan satu-satunya im yang belum pernah terdegradasi.
Singkat cerita, putaran pertama telah berlalu. Cerita-cerita yang meninggalkan ‘luka’ telah kita lewati bersama. Persija mendapatkan sedikit angin segar di putaran kedua dengan masuknya beberapa pemain pilar seperti M. Ilham, Pacho Kenmogne, Andritany, Rohit Chand, dan Alfarizi. Ditambah lagi dengan pergantian kursi kepelatihan dari Iwan Setiawan ke Benny Dollo.
Bendol – begitu sapaan akrabnya, perlahan-lahan membawa Macan kami bangun, kembali memiliki ‘taring’ nya, kembali ‘mengaum’ walau tentu belum dengan hasil yang maksimal. Tetapi, menempati papan tengah dengan segala permasalahan yang didera sepanjang musim ini adalah suatu hasil yang luar biasa membanggakan, yang saya yakin hanya Persija yang bisa melaluinya.
Kini, musim kompetisi 2012/2013 telah berakhir. Meninggalkan sejuta cerita yang tak mungkin bisa kita lupakan. Musim yang paling menguras segala emosi yang ada. Musim yang haru. Musim yang menegangkan. Musim yang menyesakkan. Tetapi juga musim yang membanggakan. Ah, rasanya tak ada kata-kata yang pantas untuk menggambarkan perjuangan Persija di musim ini.
Akhir kata, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh punggawa Persija Jakarta untuk semua tetes keringat yang telah kalian berikan kepada tim kebanggaan kita semua. Untuk penampilan-penampilan terbaik yang saya tau telah kalian lakukan dengan hati, sebagai bentuk rasa cinta dan kebanggaan mengenakan lambang Monas di dada. Tak lupa juga kepada Bendol, yang telah mengembalikan ‘nyawa’ Macan Kemayoran.
Terimakasih untuk segala cerita indah dan haru yang telah sama-sama kita ukir di musim ini. Semoga tahun depan kita dapat kembali berjumpa, kembali berjuang bersama, tentu dengan kekuatan sepenuhnya, dan dapat kembali meraih gelar juara yang sudah sama-sama kita rindukan sejak lama. Sampai jumpa tahun depan, Persija. Kami tentu akan sangat merindukan berada di Gelora Bung Karno menyanyikan chant-chant kebanggaan saat kalian berlaga.
Tak sabar rasanya melihat kalian mengangkat piala di Ibukota. Semoga tahun depan saatnya! #2014Wish

Apa saja keunggulan OS Android?



- Android bersifat open source tetapi bebas di gunakan, segala aplikasi yang di buat untuk handphone android tidak lah free, tergantung pembuatnya.

- Handphone android di peruntukkan untuk memudahkan mengakses internet terutama jejaring social, jadi jika sobat hanya ingin menggunakan handphone untuk sekedar nelpon dan sms jadinya akan mubassir.

- Masih terkait pada point ke dua, handphone androind saat ini di arahkan untuk berjejaring social dan berinternet, jadi pandai pandailah memilih provider yang mempunyai paket internet murah. Jadi android tanpa koneksi internet jadinya percuma.

- Karena handphone android saat ini bersifat multi aplikasi, maka anda semesti jeli mengatur daya baterei untuk menghemat baterei handphone android
Tambahan, android menggunakan navigasi touchscreen. Jadi setidaknya anda harus terbiasa dengan ini.

Ini adalah ke unggulan OS Android :


  • Framework Aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
  • Mesin virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile
  • Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit
  • Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh perpustakaan grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi opengl ES 1,0 Opsional akselerasi hardware)
  • SQLite untuk penyimpanan data
  • Media Support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG,PNG, GIF
  • GSM Telephony (tergantung hardware)
  • Bluetooth, EDGE, 3G, 4G dan WiFi (tergantung hardware)
  • Kamera, GPS, kompas, dan accelerometer hardware tergantung
  • Lingkungan Development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, profil dan kinerja memori, dan plugin untuk Eclipse IDE

Keunggulan OS Android 4.1 ( Jelly Bean )


Kelebihan OS Android Versi 4.1 Jelly Bean_Setelah munculnya Android ICS 4.0kini telah hadir juga android yang lebih baru, tentunya dengan kelebihan-kelebihan yang dibawanya. Versi yang hadir sebagai generasi yang menyempurnakan system android 4.0 atau Ice Cream Sandwich adalah android versi 4.1 atau dikenal dengan Android Jelly Bean. 


Secara resmi Google telah memamerkan android versi ini (Andoid Jelly Bean) sebagai generasi terbaru dari Android. Melalui gelaran Google I/O yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, tabir Android Jelly Bean yang belakangan mulai hangat diperbincangkan seluruh penggemar gadget akhirnya terungkap. Ada beberapa perubahan besar atau pun perubahan kecil yang membuat Jelly Bean terlihat lebih 'manis' dibanding Ice Cream Sanwich (ICS).

Android ICS yang begitu mempesona dengan tingkat responsifitas yang lebih baik, akhirnya masih harus disempurnakan dengan Android Jelly Bean yang menawarkan kenyamanan lebih dengan Project Butter. Project Butter dalam Android Jelly Bean tidak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada produk gadget. Menurut Google ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas gadget. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.

Selain itu untuk aplikasi Google Now yang merupakan aplikasi berbasis lokasi diklaim mampu memberikan lebih banyak informasi penting kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Andoid Jelly Bean 4.1. Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna. Sebagai contoh, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Aplikasi Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain, wow ini kan kereeenn….

Bagaimana dengan notifikasi yang ada di Android Jelly Bean? Tentunya semakin pintar, karena ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali bisa melalui bar notifikasi tersebut.

Bagaimana dengan penggunaan suara untuk mode pencarian? Sebenarnya di versi Android sebelumnya sudah tersedia, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab. Itu beberapa nilai tambah dan kelebihan dari android versi 4.1 Jelly Bean.

Apa itu Android?


Pengertian Android dan Fungsinya - Beberapa tahun belakangan ini istilah Android sering sekali kita dengar, baca maupun kita lihat. Pada umumnya istilah Android sering dikaitkan dengan Ponsel, smartphone dan tablet.

Penemu Android adalah Andy Rubin yang lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Andy Rubin bersama-sama dengan Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White mendirikan Android.inc dan apada Juli 2005 dibeli oleh Google.

Pengertian dan Fungsi Android

Pengertian Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet.
Secara umum Android adalah platform yang terbuka (Open Source)  bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Semenjak kehadirannya pada 9 Maret 2009, Android telah hadir dengan versi 1.1, yaitu sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada apalikasinya, seperti jam alrm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Hingga tahun 2012, Android telah berkembang dengan pesat. Dalam kurun 3 tahun Android telah diproduksi dalam versi, dan versi terakhir yang diproduksi disebut sebagai Android versi 4.1 atau Android Jelly Bean.

Perkembangan Android dari tahun 2009 - 2013

Android versi 1.1
Android versi 1.5 (Cupcake)
Android versi 1.6 (Donut)
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Selasa, 24 September 2013

Pengelompokan Teknologi Informasi



         
   Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Pengertian periferal adalah perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem. Secara garis besar, komputer terdiri dari tujuh penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device), Perangkat pemrosesan (cpu), perangkat penyimpanan (strorage device), perangkat keluaran (output device), perangkat lunak (software), komunikasi, dan baterai.

1 .     Perangkat Masukan

            Perangkat masukan atau input device merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mrngolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi dua yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.

     A.    Perangkat Masukan Langsung

Dalam peralatan masukan langsung, input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Berikut ini adalah contoh beberapa peralatan masukan langsung.

     a.      Mouse
Mouse berfungi untuk mengatur posisi pada layar komputer.

     b.      Keybord
Keybord merupakan peralatan masukan langsung terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keybord ada yang standard an extended. Perbedaannya keybord stanfar mempunayi 88 tombo, sedangkan extended lebih banyak.

     c.       Joystick
Joystick merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah penguna komputer dalam permainan yang ada di komputer.

     d.      Scaner
Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di scan.

     e.       Microphone
Microphone merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah suara menjadi listrik.



f.        CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) Drive
CD-ROM drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data CD-ROM adalah n x 150 MB/s, dengan n adalah kecepatanyang di tuliskan pada bodinya.
 
      B.     Perangkat Masukan Tak Langsung

Pada perangkat masukan tak langsung, data yang tidak langsung diproses melainkan  direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape.key-to-card, dan key-to-disk.

2. Perangkat Pemrosesan (CPU)
            Perangkat pemrosesan merupakan pusat pengelolaan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Perangkat pemrosesan terdiri dari

      1.      Control Unit
Control Unit bertugas untuk menerjemahkan perintah atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh kerja computer.

      2.      Arithmetic Logic Unit (ALU)
Arithmatic Logic Unit (ALU) berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan penambahan dan pegurangan, perbandingan-perbandingan serta logika.
   
      3.      Memory
Memory adalah penampung dan penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya kapasitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, Kbyte, MByte, dan GByte.

     2.     Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

            Perangkat Penyimpanan (Storage Device) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan jua menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Perangkat Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori internal dan memori eksternal.

      1.      Memori Internal
Memori Internal merupakan memori yang ada dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).

      a.       ROM (Read Only Memory)
ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat  perbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi computer seperti program BIOS dan booting.

      b.      RAM (Random Acces Memory)
RAM (Random Acces Memory) merupakan memori yang bersifat sementara, yang mana jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang. Memori ini bisa membaca, menulis, serta menyimpan data dan program.


      2.      Memori Eksternal
Memori eksternal merupakan media penyimpan data atau program-program yang bersifat tetap. Contohnya harddisk, floppy disk, flashdisk, CD ROM, dan lain sebagainya.

      a.       Harddisk
Harddisk merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu IDE (Intergrated Device Electronics) dab SCSI (Small computer System Interface). Kedua jenis harddisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada. Jenis IDE mempunyai 40 pim sedangkan jenis SCSI mempunyai 50 pin. Kapasitas penyimpanan harddisk yang ada saat ini meliputi: 1 GB, 1,2 GB, 5,1 GB, 6,4 GB, 7,4 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 100 GB, dan 200 GB.
  
      b.      CD-ROM
CD-ROM adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram. Kemapuan menyimpan CD bisa mencapai 700 MB, setara dengan floopy disk sebanyak 486 buah.

      c.       Floppy Disk
Floopy Disk yang biasa di sebut disket merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative kecil. Kemampuan menyompan dari disket sekitar 1,44 MB.

      d.      Flashisk
Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang mengunakan penghubung USB. Kemampuannnya menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB, 1GB, 2 GB, 4 GB, dan 8 GB.

4.Perangkat Keluaran (Output Device)
          Perangkat keluaran merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer. Contoh-contoh perangkat keluaran sebagai berikut.

      a.      Monitor/Display
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visal baik berupa gambar maupun data. Contohnya monitor dan LCD.

      b.      Printer
Printer merupakan peralatan keluaran untuk menamoilkan hasil komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.
 
      c.       Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

5. Perangkat Lunak (Software)

            Perangkat Lunak merupakan kumpulan dari intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari

       a.      Sistem operasi
Perangkat lunak sistem operasi bias dikatakan sebagai perangkat lunak yang sangat vital, system operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi buatan Microsoft Corp seperti Windows 95, windows 98SE, Windows 2000 professional, Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya seperti Machintosh system 7, Lindows, dan Linux.

       b.      Sistem Aplikasi
Sistem Aplikasi merupakan perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu.  Sistem aplikasi berupa Microsoft Office,Word perfect Corel draw, adobe photoshop,dll.

       c.       Utility
Perangkat lunak Utility adalah perangkat lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer.

6. Komunikasi

            Dari berbagai perangkat yang ada dalam Teknologi Informasi tentunya tidak lepas dari fungsi untuk berkomunikasi. Contoh dari perangkat komunikasi adalah

       a.      Telepon
Telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui suara. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. 
  
       b.      Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi penerima siaran gambar beserta suara baik gambar yang hitam putih maupun tang berwarna.

       c.       Wireless
Pengerian Wirelles adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Seiring dengan perkembanannya yang pesat maka wireless juga dapat digunakan untuk penggunaan internet.

7. Baterai
     
       Baterai adalah salah satu perkembangan dari teknologi, karena baterai bisa menyimpan energi listrik untuk digunakan untuk telepon genggam, jam tangan, komputer,dll. Sebuah baterai biasanya terdiri dari tiga kompoenen penting, yaitu: batang karbon sebagai anoda (kutub positif baterai), seng (Zn) sebagai katoda (kutub negative baterai), dan pasta sebagai elektrolit (penghantar). Daya simpan listrik pada baterai sampai sat ini kurang lebih hanya 8 jam, itu terbukti pada daya simpan listrik baterai terhadap laptop maupun notebook. Sampai saat ini pun para ahli imu teknologi belum bisa membuat baterai yang mempunyai daya simpan listrik yang cukup lama.[1]


[1] Purnomo, Andi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo:Yudhistira.