Selasa, 08 Oktober 2013

Definisi Multimedia menurut para ahli dan Kategori Multimedia




Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :

  •                      Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)

  •                     Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)

  •                     Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)

  •                      Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001)

  •           Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

jlnn            Kategori Multimedia, multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu :

                  1.  Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio,                 graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau                       menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan                   sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,                   graphics, animation, video, dan interactivity ) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam             kategori ini media yang digunakan adalah :


  ü   media teks
  ü  media audio
  ü  media video
  ü  media animasi
  ü  media graph / image
  ü  media interactivity
  ü  media spesial effect

       2.    Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak        dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising,                     publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
 ü         TV
 ü          Radio
 ü          Film
 ü          Media Cetak
 ü          Musik
 ü         Game
 ü         Entertainment
 ü         Tutorial
   ü ICT(Internet)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar