Selasa, 24 September 2013

Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi


Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Misalnya, menurut fungsi sistem (embedded IT system, dedicated IT system, dan general purpose IT system), menurut departemen dalam perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll), meurut dukungan terhadap level manajamen dala perusahaan (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi eksekutif), menurut ukuran , dan menurut cara melayani sistem (klien-server).

Embedded IT System
Embedded IT Sytem adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi. Adapun sistem teknologi informasi padalift dalam gedung pencakar langit. Misalnya, lift tertentu tidak bisa digunakan untuk lantai 2 sampai 7 pada jam antara 7.00 sampai dengan 9.00.

Dedicated IT System
Dedicated IT System adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh, ATM (Anjungan Tunai Mandir) dirancang secara khususuntuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank. Tentu saja sistem seperti ini tidak dipakai untuk melakukan tugas seperti mengetik dokumen.

General IT System
       General IT System adalah sistem teknolgi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Sitem komputer yang disebut PC merupakan contoh sistem teknologi informasi serbaguna yang umum dipakai di rumah. Dalam hal ini PC dapat dipakai untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuat gambar, ataupun untuk belajar bahasa asing. Tentu saja sistem seperi ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan apa saja sepanjang dilengkapi dengan perangkat lunak yang sesuai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar